Selasa, 27 Desember 2011

Mengoptimalkan Komputer / laptop anda.

Sekarang punya komputer atau laptop sangat mudah dan setiap orang bisa punya karena bukan barang mewah lagi. Harganya yang mulai 2jutaan hingga yang paling mahal mudah di jangkau masyarakat, bahkan kalau tidak bisa beli cash komputer juga bisa di kredit kaya motor.
Semua bisa punya komputer/laptop, tapi tidak semua orang tau bagaimana mengoptimalkannya. Seperti pengalaman saya saat kuliah dulu, teman-teman punya laptop semua, hanya saya yg tidak, hehe. Dan saya amati isi komputer mereka hanyalah foto-foto dan beberapa tugas kuliah. Kemudian program-program yang jarang atau bahkan tidak mereka gunakan. Biasanya yang begini adalah para wanita-wanita. Para laki-lakinya juga kadang ada, tapi mereka masih bisa mengoptimalkannya walau sedikit.
Sangat di sayangkan kan kalau beli mahal-mahal hanya untuk simpen foto, lagu, dan beberapa tugas kuliah yang akan di kerjakan di lain waktu. Biasanya mereka beli laptop selain untuk mengerjakan tugas kuliah adalah supaya bisa online pakai HOT-SPOT kampus. hehe. Oleh karena itu pengoptimalan disini perlu di lakukan, selain membuat komputer sehat juga bisa di pakai untuk kreativitas kita bahkan berbisnis.

Cara Pengoptimalan:

 

1). Hapus program-program yang sekiranya anda tidak gunakan. Ini bisa di lakukan di control panel komputer.
2). Install atau pasanglah program yang sesuai dengan profesi anda, atau kegiatan anda. Misal, kalau hobi anda adalah desain, maka install lah software desain yang paling anda kuasai.
3). Pasang software utilities. Software ini di gunakan untuk menghapus sampah-sampah pada hardisk (Bukan File Di hardisk). yang saya maksud sampah-sampah ini adalah seperti recent history kita saat menggunakan software, registry yg error, dan lain sebagainya yang kasat mata. Yang intinya apabila kita menggunakan software ini, kompi / laptop kita bisa sedikit lebih cepat lagi dan memperluas space hardisk. Gunakan software ini seminggu sekali atau setiap hari juga boleh.
4). Software yang wajib ada di komputer anda. yaitu program pengolah kata seperti MS OFFICE, Web Browser (Mozilla/teman-temannya), Anti Virus, Multimedia seperti pemutar musik dan video (biasanya sudah ada), Software Archiever (untuk mengekstrak file berupa .zip dan .rar), dan PEmbaca .PDF seperti abode reader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar