Kamis, 25 Oktober 2012

Begadang tanpa kopi
bilang aja ngak bisa beli kopi

Bagi beberapa orang terutama anak sma kelas 3 dikejar deadline tugas seperti saya, begadang untuk ngetik atau ngerjain tugas atau gnurusin blogging maupun gamming adalah biasa. Banyak alasan dikemukakan mengapa harus sampai begadang. Bagi gue kampret (melek di malam hari) waktu malam biasanya adalah waktu yang lebih produktif dibandingkan siang hari dikarenakan mengerjakan tugas atau belajar di malam hari sampai begadang jauh lebih tenang dan lebih fokus, penyebab lainnya bisa dikarenakan memang tidak ada waktu lain selain di malam hari dan hari libur karena di siang harinya sekolah, tidur ataupun les.

Karena itu banyak sekali siswa yang menjadi korban mimpi siang bolong. Untuk begadang biasanya gue menggunakan doping dulu supaya kuat “melek” sampe pagi atau minimal bisa ngerjain. Nah biasanya dopingnya kopi atau minuman energi instan.

Namun, karna saya juga jarang olahraga, lama kelamaan kalo begadang pake kopi dsb, bisa rusak fisik saya, lah begadangnya aja udah ngerusak fisik apalg pake kopi yang katanya mempercepat kerja jantung yang seharusnya istirahat. Sehingga saya coba untuk menjauhi kopi dengan beberapa cara.

Nah ini ada beberapa cara begadang alternative. Yang penting sebelum begadang kita harus memprsiapkan dulu apa yang akan kita kerjakan buat begadang.

Cara Pertama:
Bagaimanapun istirahat itu perlu, makanya sebelum begadang tidur dulu 2-3 jam (jam 10 smp jam 12an lah), setelah itu melek sampe pagi. Pertama agak susah sih, tp kalo diniatin dan diiringi dengan alarm yang memadai tentu bisa. Cara seperti ini saya lihat dari Putra , teman sebangku saya di sekolah
Cara kedua:
Hampir sama, tp agakk berbeda di kombinasinya. Ini saya kerjakan ketika tugas saya mulai padat dengan laporan praktikum. Saya pakai kombinasi 2-1, artinya dua jam ngerjain, 1 jam tidur dl, 2 jam kerjain lg 1 jam tidur dulu lagi.. yah balik lagi,, caranya yah mesti niat dan diiringi alarm yang memadai.

Cara ketiga:
Yah standar mah kalo cara yang ini,, ini khusus buat yang cuma bisa fokus kalo ngerjain apa2 malam.. intinya begadang sampe subuh,, abis subuh baru tidur sampe sebelom skolah lagi. Misalkan skolah jam setengah 8, yah tidur 2 jam dulu dr stg5 ampe stg7. Tp gak jamin, di kelas \ bisa melek, apa lagi kalo dosennya bikin boring. :)

Nah yang kayak begitu sebenernya ga usah pake kopi juga pasti bisa. Atau kita bisa ganti kopi dengan doping lain misalnya makan (baygon ooppss, kidding) yang agak pedas (tp jangan banyak2), ngemil, ngemut permen, sambil blogging, bbm , twitter, nonton film. Bisa juga sambil ngerjain sambil nyalakan musik yang agak hard, biar “on” terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar