Rabu, 09 November 2011

Penggunaan Internet dalam Proses Pembelajaran

Berkembangnya ICT yang semakin pesat di dunia pendidikan mampu membawa perubahan kepada pendidik maupun peserta didik. Perubahan itu terutama terjadi pada penggunaan ICT dalam proses pembelajaran. Jika proses pembelajaran pada sebuah sekolah mulai mengarah kepada integrasi dengan ICT, bisa dikatakan sekolah tersebut sudah menuju ke digital school.
Internet sebagai salah satu bagian dari ICT, sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran. Internet membuka cakrawala pendidik dan peserta didik untuk menjelajah dunia yang lebih luas, tidak hanya terbatas kepada satu ruang kelas. Pendidik akan terbantu menemukan sumber-sumber pembelajaran yang akan ditransfer kepada peserta didik. Sementara peserta didik akan menerima pengetahuan yang lebih luas dan dalam mengenai materi yang sebelumnya hanya mereka dapatkan dari buku teks.

Berikut ini beberapa manfaat internet untuk mendukung proses pembelajaran:
Riset
Pendidik bisa menggunakan internet sebagai media untuk membantu peserta didik melakukan riset mengenai materi pembelajaran tertentu. Dengan berkelompok maupun individu, peserta didik akan mencari dan menemukan sendiri informasi mengenai materi pembelajaran. Informasi yang mereka temukan bisa jadi tidak terdapat di buku teks, buku-buku referensi perpustakaan maupun majalah. Penlilaian pendidik terhadap aktivitas ini berupa presentasi, laporan tertulis, diskusi, presentasi video dan sebagainya.
Membuat blog
Banyak website yang memberikan layanan blog gratis, baik website secara umum maupun website yang khusus disediakan bagi pendidik dan peserta didik. Peserta didik bisa membuat blog pribadi atau berkelompok untuk mempublikasikan hasil dan kegiatan mereka selama mengikuti pembelajaran. Bisa juga pendidik membuat blog untuk satu kelas, yang digunakan khusus untuk aktivitas pembelajaran mereka. Misalnya hasil karya siswa berupa lukisan, puisi-puisi, cerpen, dan sebagainya. Tidak perlu terlalu rumit, cukup menggunakan layanan blog yang gratis.
Penilaian Online
Salah satu kegunaan internet dalam proses pembelajaran adalah untuk penilaian online. Pendidik bisa menggunakan blog, website pribadi atau website sekolah untuk merancang penilaian online. Ini adalah salah satu cara yang paling baik untuk berinteraksi dengan peserta didik. Tes yang dilakukan secara online dan hasilnya juga dipublikasikan secara online. Pemanfaatan internet semacam ini pasti akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.
sumber gambar: www.oak.cats.ohiou.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar