Sabtu, 05 November 2011

Mengenalkan Memory Diatas 4GB Pada Windows Vista 32 Bit •


Secara teori, prosesor x86 dan x86-64 dapat mengenali memori fisik hingga lebih dari 4 GB. Pada kenyataannya, Windows Vista 32 bit hanya mampu mengenali memori fisik sampai dengan 4 GB. Padahal ditengah murahnya harga kepingan memori fisik saat ini, memasang memori lebih dari 4 GB bukanlah sesuatu yang mustahil.
Bila anda saat ini menggunakan Windows Vista 32 bit lalu anda memasang memori fisik lebih dari 4 GB maka memori fisik anda hanya akan dikenal sejumlah 2 sampai 3,8 GB. Solusinya, anda harus beralih ke Windows Vista 64 bit agar memori fisik anda bisa terbaca sempurna. Sayangnya saat ini tidak semua program dan driver dengan mudah dapat dipasang pada sistem 64 bit.
Namanya manusia, kalau ada kesulitan pasti akan berusaha mencari jalan pintas untuk mengatasi kesulitan itu. Begitu juga dengan seorang hacker China yang mampu mengatasi keterbatasan kemampuan Windows Vista 32 bit dalam mengenali jumlah memori fisik. Caranya yaitu dengan menyelipkan dua buah file Windows Server 2008 ke dalam Windows Vista 32 bit. Sebagaimana kita tahu, Windows Server 2008 Enterprise atau Datacenter x86 mempunyai kemampuan mengenali memori fisik sampai dengan 64 GB serta menggunakan kernel yang sama dengan Windows Vista.
Berikut saya sarikan langkah langkah yang dijalanankan oleh si hacker tersebut :
  1. Cobalah mencari komputer dengan sistem operasi Windows Server 2008. Salinlah dua file ini kedalam flash disk : [%sytemdrive%][Windows][Windows32][licensing][pkeyconfig][pkeyconfig.xrm-ms] dan [%systemdrive%][Windows][ServiceProfiles][NetworkService][AppData][Roaming][Microsoft][SoftwareLicensing][tokens.dat]. Bila anda kesulitan mendapatkan komputer dengan sistem operasi Windows Server 2008, anda bisa langsung download kedua file tersebut disini.
  2. Sebelum ke langkah selanjutnya, carilah file yang sama pada Windows Vista lalu salinlah file tersebut ke tempat yang aman sebagai backup bila nanti sesuatu yang buruk terjadi.
  3. Selanjutnya masuklah ke Services dengan cara mengetik Services di kolom Search pada Start Menu. Lalu stop service Software Licensing.
  4. Klik kanan kedua file tersebut pada Windows Vista lalu ambil kontrol penuh pada kedua file tersebut pada akun anda atau administrator.
  5. Setelah itu, gantilah kedua file tersebut dengan file yang telah kita persiapkan yang berasal dari Windows Server 2008.
  6. Restart komputer anda.
  7. Bingo!, berapun RAM anda akan dikenali dengan baik oleh Windows Vista 32 bit.
Mengganti kedua file ini bukannya tanpa resiko. Ada beberapa masalah yang dapat timbul seperti anda tidak bisa lagi mengakses Windows Experience Index. Anda juga tidak bisa mengakses Computer Management dengan mengklik Manage pada saat klik kanan Computer. Bila anda diminta mengaktifasi kembali Windows Vista anda maka anda bisa mengaktifasinya dengan punyanya Windows Server 2008.
Pembatasan RAM pada Windows Vista 32 bit sebenarnya bukan masalah hardware tetapi memang pembatasan secara software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar